Serah Terima Hasil Kajian Potensi Pasar Mitra CSR di Jawa Barat
Dalam rangka meningkatkan kinerja Sekretariat Tim Fasilitasi CSR Jawa Barat, maka diperlukan analisis kebutuhan para mitra CSR Jawa Barat dari Perusahaan Swasta dan BUMN maupun lembaga terkait lainnya sebagai potensi pasar yang dilayaninya. Oleh karena itu, agenda kegiatan tahun 2011 adalah mengadakan kajian tentang “Potensi Pasar Mitra CSR di Jawa Barat” yang merupakan kerjasama antara Bappeda Provinsi Jawa Barat dengan PT.Markplus Indonesia sebagai pelaksananya. Pada akhir kegiatan penelitian tersebut telah menghasilkan output berbentuk buku laporan hasil kajian yang diserahterimakan pada tanggal 5 Oktober 2011
di Bappeda Provinsi Jawa Barat.
Berdasarkan hasil kajian tersebut, maka memberikan intisari kesimpulan dan rekomendasi terhadap Tim Fasilitasi CSR Jawa Barat sebagai berikut:
Kesimpulan Hasil Kajian antara lain :
- Aspek kerjasama harus memiliki landasan yang jelas dantransparan serta mudah dilaksanakan. Penyediaan data dan informasi CSR yang akurat komprehensif, sehingga akan memperkuat image ‘positif’ mengenai Pemprov Jabar sebagai pengelola CSR.
- Aspek Person in Contact yang mewakili Pemrov Jabar harus proaktif menginformasikan CSR dan memahami karakteristik perusahaan, sehingga dibutuhkan tim yang kuat untuk menanganinya agar komunikasi berjalan baik secara berkesinambungan. Karena itu, harus difasilitasi media dan sistem yang dirancang untuk mentaining perusahan yang bekerjasama agar dapat terkontrol dengan baik.
Rekomendasi Kajian :
Untuk perencanaan, implementasi dan pelaporan pengelolaan Program CSR di Jawa Barat direkomendasikan antara lain :
- Kecepatan dan responsif, perusahaan menginginkan Pemrov Jabar melalui Tim Fasilitasi yang menangani CSR dapat merespon segala kendala proses kerjasama sampai berhasil membangun kerjasama secara berkesinambungan.
- Tranparansi, perusahaan membutuhkan data yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan untuk pengembangan program CSR di Jawa Barat.